Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Banyuwangi mendapatkan kunjungan tamu luar biasa dari Direktur Justice Without Borders (JWB) Mr. Douglas MacLean dan Mrs. Sri Aryani JWB Indonesia, untuk mengkaji dan belajar bersama proses advokasi kepada TKI di Kabupaten Banyuwangi serta potensi advokasi lintas negara. Sabtu dan Minggu, 30 September – 1 Oktober 2017.

Justice Without Borders/Keadilan Tanpa Batas (JWB) adalah sebuah organisasi nirlaba yang mendukung korban eksploitasi tenaga kerja dan perdagangan manusia dalam mencari kompensasi yang adil terhadap pelaku eksploitasi, bahkan setelah mereka kembali ke kampung halaman.

JWB fokus pada proses pengadilan sipil di wilayah hukum di negara tujuan, Singapura dan China (Hong Kong S.A.R).

Beberapa poin catatan hasil kunjungan antara lain:

1. Memperkenalkan Justice Without Borders dan cara kerjanya.

2. SBMI Banyuwangi memberikan gambaran situasi terkini TKI di Banyuwangi dan berbagai permasalahan melihat pola kasus-kasus yang terjadi,proses advokasi dan penyelesaian, khususnya untuk negara penempatan Singapura dan Hongkong.

3. JWB dan SBMI Banyuwangi bersepakat menjadi mitra advokasi lintas negara dalam menerima rujukan penanganan kasus yang menimpa TKI asal Banyuwangi di negara penempatan Singapura dan Hongkong untuk memperjuangkan hak- haknya.

4. JWB bersedia menjadi kawan dan mitra SBMI dalam peningkatan kapasitas paralegal dalam proses advokasi, menyusun rencana strategis dalam advokasi kasus-kasus yang menimpa TKI asal Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut juga ada keluarga TKI asal Kecamatan Gambiran Kab. Banyuwangi yang berkesempatan langsung untuk sharing kasus dan merencanakan strategi advokasi yang menimpa anggota keluarganya di Negara Singapura atas dugaan tindak kekerasan psikis oleh majikan dan overcharging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *