Pelatihan konten informasi layanan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri oleh Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian luar negeri (KEMLU) Republik Indonesia

Kegiatan dilaksanakan mulai 26–28 Agustus 2016 di Hotel Melia Purosani Yogyakarta.
Pada pelatihan tersebut dipandu oleh tiga orang mentor, Sinam Sunarto dari Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) menjadi mentor untuk konten audio, Yeri dari Engage Media untuk video, Fatulloh dari Infest untuk konten berbasis teks.

Peserta kegiatan tersebut berasal dari perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pegiat buruh migran, pegiat media komunitas, perwakilan Internasional organisasi Migran (IOM), serta perwakilan Direktorat Informasi dan Media Kemlu.

Proses dari diskusi antara lain:

1. Pada sesi pembukaan ini dibuka oleh Acara dibuka oleh Wita yang mewakili Lalu muhammad Iqbal selaku direktur perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar negeri. menurutnya pelatihan ini merupakan wadah komunikasi antar LSM, organsasi internasional, serta pemerintah yang memiliki konten informasi sehingga upaya pemberian menjadi lebih bersinergi.
2. Beberapa materi disampaikan oleh mentor antara lain penyusunan konten dan produksi audio oleh Sinam Sunarto dari JRKI , produksi video oleh Yeri dar Engage Media dan informasi berbasis teks oleh Fathulloh dari INFEST.
3. Pada hari ketiga, peserta diajak turun lapang dan praktek memproduksi berita dengan melakukan pengumpulan informasi di desa basis Buruh Migran Desa Wisata Gunung Api Purba Kabupaten Gunung Kidul, untuk dikelola menjadi sebuah berita informasi langsung dengan cara pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Nantinya dari hasil berita itu akan di presentasikan dan dipublikasikan.

Dalam diskusi ini diperoleh kesimpulan bahwa dari peserta yang berasal dari wadah komunikasi antar LSM, organsasi internasional, serta pemerintah berkolaborasi dalam hal memberikan masukan terhadap kementerian luar negeri dalam penyusunan konten informasi dalam memberikan informasi dalam perlindungan TKI di luar negeri.

Hasil dari diskusi ini antara lain :
1. Pelatihan ini dimaksudkan fokus kepada pembuatan konten dengan pesan yang mudah diterima oleh para TKI di luar negeri. Selain itu juga menignkatkan sinergi antara penyedia konten informasi yang berasal dari Institusi, pemerintah, LSM dan organisasi Internasional.
2. Sejumlah LSM dan organisasi internasional telah menginisiasi pembuatan kanal- kanal informasi yang dapat di akses dengan mudah oleh masyarakat luas terutama TKI di luar negeri. Meski demikian upaya penyedian dan diseinasi informasi terseut belum terkoordinasi dengan baik sehingga manfaatnya belum secara optimal diterima TKI di luar negeri.

Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini komitmen mengarus utamakan informasi buruh migran melalui media yang dikelola masing- masing peserta. Di sisi lain Kementerian luar negeri melalui direktorat terkait juga akan memperbaiki penyedian informasi agar mudah di akses oleh TKI dan keluarganya, Komunitas, serta masyarakat umum(Jumat S.d Minggu 26- 28 Agustus 2016).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *