Kegiatan Translasi Informasi: Penerbitan buletin bumi blambangan edisi bulan Juli.

Redaksi Bumi Blambangan melakukan kelola informasi dalam bentuk berita untuk kemudian di distribusikan kepada masyarakat Desa Tapanrejo. Selain di desa buletin ini juga di distribusikan kepada beberapa lembaga pelayanan publik dan SKPD di daerah agar informasi ini dapat diterima dan diketahui secara luas.

Dalam kegiatan ini difasilitasi oleh Agung Subastian Pimpinan Redaksi Buletin Bumi Blambangan. Buletin yang dicetak dalam edisi buan juli ini sejumlah 3000 buah.

Proses transalasi Informasi yang dilakukan tim redaksi buruh migran blambangan antara lain :
1. Rapat Redaksi Penentuan tematik Buletin edisi bulan Juli. Hasil penyusunan konten informasi ini dikelompokan berdasarkan tema besarnya antara lain : berita panduan, bedah kasus, dan kisah inspiratif
2. Melakukan peliputan dan mengumpulkan berita sesuai dengan tematiknya masing- masing oleh tim peliput. Berdasarkan hasil pelipuatan diperoleh beberapa judul btulisan berita antara lain berita Panduan: tahapan proses penempatan TKI ke luar negeri, cara membuat laporan kepada polisi; bedah kasus: merasa ditipu calo warga kedunggebang gagal bernagkat ke luar negeri, dan Kisah Inspiratif L kelompok usaha simpan injam buruh migran Rengganis Desa Tapanrejo
3. Dari hasil tulisan tersebut langkah selanjutnya adalah mendesain layout untuk di isi berita
4. Melakukan Pencetakan Buletin dan Proses pendistribusian buleitn kepada Masyarakat yang ada di desa Tapanrejo, Komunitas Masyarakat, Pemerintah Desa, NGO, SKPD yang ada di kabupaten Banyuwangi.
5. Melakukan riset dan dokumentasi terkait perkembangan hasil translasi informasi buletin. Dari berbagai hasil komentar dan masukan terkait tulisan, Pengadilan agama sangat mengapresiasi tulisan dalam tema desakan bumi blambangan untuk mengurangi angka perceraian di Banyuwangi, kemudian untuk kepolisian sektor Muncar juga mengapresiasi karena isi dari buletin ini seperti panduan- panduan yang dirasakan bermanfaat untuk warga kecamatan muncar khususnya Desa Tapanrejo.
6. Dalam tahapan selanjutnya adalah Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh penanggungjawab redaksi yaitu wawan kuswanto (Ketua SBMI Banyuwangi) dan dari Tim INFEST.

Kesimpulan dari transalasi informasi ini antara lain dengan adanya buletin ini menjadi media yang efektif untuk berkomunikasi dan berbagi informasi mengenai berbagai peristiwa penting ataupun opini dan informasi lainnya yang redaksi anggap penting untuk diketahui pembaca. Kolaborasi ini harapanya adalah k“Perlindungan dan Pemberdayaan TKI” di Kabupaten Banyuwangi;

Hasil dari kegiatan transalasi Informasi antara lain :

• Badan publik dalam hal ini Pengadilan Agama Banyuwangi mengapresiasi tulisan dari timr edaksi buruh migran blambangan karena dirasa sangat bermanafaat untuk memberikan gambaran dan awasan situasi terkini angka perceraian di Banyuwangi khususnya yang disebakan oleh dampak dari bekerja menjadi TKI.
• Kepolisian Sektor Muncar juga mengapresiasi berita yang ditulis oleh tim redaksi erkait informasi panduan cara melapor ke polisi dan jejak kasus penipuan sponsor TKI.
• Selain itu juga banyak masukan dari masyarakat untuk ditambah lagi konten informasi berita tentang kisah inspiratif karena ini media promosi warga yang efektif. Menurut salah satu informan dengan adanya permbitaan tentang kelompok rengganis masyarakat lebih menjadi tahu sistem simpan pinjam di desanya.

Rencana tindalanjut dari kegiatan translasi Informasi : peneribitan buletin edisi bulan Juli ini kedepan Informasi akan disebarluaskan kepada masyarakat secara luas se Kabupaten Banyuwangi. Dengan adanya media informasi ini sebagai bentuk kecil dalam menambah pemahaman dari masyarakat kabupaten banyuwangi tentang situasi dan isu migrasi serta buruh migran yang ada di kabupaten banyuwangi. Selain itu juga redaksi akan mendorong dan mendukung kolaborasi pemerintah daerah dan masyarakat dalam pelayanan informasi kepada masyarakat(Jumat, 29 Juli 2016).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *