Dalam prosesnya produksi kelola informasi ini tim redaksi melakukan kolaborasi dengan berbagai badan publik sebagai sumber informasi yang dirasa terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu juga tim redaksi juga melakukan kajian dokumentasi dalam menyajikan berita seperti dari peraturan menteri tenaga kerja dan dari dokumen lainnya.

Dalam kegiatan ini difasilitasi oleh Agung Subastian Pimpinan Redaksi Buletin Bumi Blambangan. Buletin yang dicetak dalam edisi buan juni ini sejumlah 3000 buah.

Proses transalasi Informasi yang dilakukan tim redaksi buruh migran blambangan antara lain :
• Proses awalnya Redaksi menentuan tematik Buletin edisi bulan Juni. Tematik berita ini beranekaragam seperti : berita panduan, bedah kasus, dan berbagai kisah inspiratif
• Hasil tematik itu kemudian tim melakukan peliputan dan penulisan berita antara lain Panduan: mengenal fungsi dan peran P4TKI Banyuwangi,cara pengurusan permohonan izin keluarga untuk TKI di desa, cara klaim asuransi; berita jejak kasus : hujan deras berjam- jam seabkan banjir; kisah inspirasi : Mantan TKI Malaysia yang berbisnis Bakso di Desa Tapanrejo.
• Dari hasil tulisan itu disusun dalam bentuk layout yang kemudia dilakukan pencetakan buletin, dan proses selanjutnya adalah distribusi dilakukan kepada masyarakat luas dan juga disampaikan kepada badan publik sebagai bentuk partisipasi dari komunitas dalam memberikan gagasan pembangunan di daerah.
• Tahap selanjutnya adalah riset dan dokumentasi terkait perkembangan hasil translasi informasi buletin. Dari berbagai hasil komentar dan masukan terkait tulisan.
• Dalam tahapan selanjutnya adalah Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh penanggungjawab redaksi yaitu wawan kuswanto (Ketua SBMI Banyuwangi) dan dari Tim INFEST.

Kesimpulan dari transalasi informasi ini antara lain informasi ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Begitu juga badan publik juga memerlukan masukan untuk sumbangsih pemikiran pembangunan. Namun masih banyak badan publik yang masih belum memberikan pelayanan informasi secara maksimal kepada masyarakat.

Hasil dari kegiatan transalasi Informasi antara lain :

• Dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi melalui Kepala Dinas juga mengapresiasi kinerja dan karya tulisan dari teman- tmena komunitas buruh migran blambangan. Pentingnya upaya sinergis dan kolaboratif daripemerintahan desa dan warganya dalam memaksimalkan perlindungan kepada warganya yang menjadi TKI di luar negeri.
• Badan publik (DISPORA Kabupaten Banyuwangi) memberikan apresiasi atas terbitnya buletin dan berkomitmen untuk melakukan kerjasama dalam transalasi informasi untuk perlindungan dan pemberdayaan pemuda khususnya untuk pemuda potensial supaya mandiri di daerahnya dan tidak menjadi TKI lagi.
• Banyak masukan dari masyarakt terkait konten informasi dari buletin buruh migran blambangan ini, kisah inspiratif yang disajikan menjadi media promosi warga yang efektif. Menurut salah satu informan yang mempuyai bisnis bakso, dengan tulisan yang dimuat di buletin banyak warga yang datang ke warung baksonya dan banyak yang kaget karena ternyata beliau pernah menjadi TKI di Malaysia.

Rencana tindalanjut dari kegiatan translasi Informasi : peneribitan buletin edisi bulan Juni ini harapanya dapat berkolaborasi dengan Dinsosnakertrans dalam hal sebagai pusat informasi ketenaga kerjaan di kabupaten banyuwuangi. Dinsosnakertrans juga bersedia rutin untuk meberika informasi terkait situasi terkini kebijakan dan peraturan ketenagakerjaan serta perlindungan terhadap warga banyuwangi yang menjadi TKI di luar negeri(Kamis, 30 Juni 2016).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *